Wednesday 25 June 2014

Bencilah seseorang....

Manusia. Penuh emosi. Suka lebay pula..

Hm.. sedari dulu gue selalu mencoba utk tidak berlebihan dalam hal menyimpan emosi thd seseorang. Ketika gue suka sama seseorang, gw tahan supaya rasa suka gue ga berlebihan. Begitu juga aaat gue marah dan benci terhadap seseorang.

Beda hal dengan rasa suk yg buat gue terserah lah atas alasan apapun. Kan suka pd seseorang tidak buruk. Ya, kan?

Sedangkan untuk marah dan benci pada seseorang... ini beda kasus. Menurut gue, kita boleh marah sama seseorang asalkan yg kita benci itu perbuatannya, bukan orangnya.

Tapi sumpah, itu susah. Apalagi pada cewek. Eh kita ni para cewek sering dipengaruhi oleh lonjakan hormon loh.. (#cari pembenaran, hehe).

Sebenernya kalo mau dicoba dgn sungguh2, kita akan nemu kok point2 kebaikan orang itu. Dan ketika kita berhasil sampai pada titip tersebut, sedikit demi sedikit rasa benci kita pada org tsb berkurang. Tapi ya gitu deh, susah, kudu bener-bener bersungguh-sungguh. Lillahi ta'ala.. lillahi, karena kita juga manusia yg pasti berkali-kali bikin salah.

Marah dan benci atas perbuatan seseorang berbeda dgn marah dan benci pada seseorang. Gini, klo kita marah atas suatu perbuatan, maka kita ga akan melakukan hal sama seperti yg dilakukan org tsb. Kita jg masih bisa melihat kebaikan org tersebut dan menghargai ketika org tersebut berubah tidak melakukan hal yg bikin kita sebel dan benci. Sebaliknya klo kita marah dan benci pada orangnya, mau itu orang tobat kaya apa juga, trus dia berubah jd sebaik apa pun, pasti di mata kita orang itu salah dan nyebelin. Kita gak bisa memberikan penghargaan atas usaha orang tersebut utk berubah. Males denger omongan org tsb, pada level yg lebih tinggi malah kita sampe kepingin.itu org dissappear gitu aja dr muka bumi. Hehe

Dan note ini gue buat sbg pengingat diri sendiri. Gue boleh marah dan benci.. tapi sama perbuatanya, bukan sama orangnya..

No comments:

Post a Comment

Thank you for reading! I welcome for any comment, but please be good to me: use nettiquete.