Thursday 2 April 2015

Jualan Boneka

Baru mulai usaha baru nih. Kecil-kecilan aja.. Jualan boneka. Untungnya ga seberapa. Kemarin malah baru pembukuan penjualan selama bulan maret dan tertawa sendiri membacanya; kok ini besaran ngasih korting/diskon-nya dibandingkan laba.. Hahaha.. Ya gapapa. Namanya baru mulai usaha. Masih masa-masa promosin harus baik-baik sama kostumer.

Lagi pula saya suka kok.

Waktu kecil saya jarang banget main boneka. Bisa dibilang ga punya boneka. Pernah sih punya boneka doraemon sama boneka kelinci atau apa gitu, agak samar-samar ingatannya. Tp boneka-boneka tersebut seingat saya hilang waktu dijemur di lapangan samping rumah. Sisa masa kanak-kanak saya diisi dgn main orang-orangan, monopoli, bentengan, dll. Just no boneka. Barbie? Apalagi.. Dulu cuma pernah dibelikan ibu boneka barbie yg KW10 (saking abal2nya) dan nasibnya berakhir tragis mengalami mutilasi +_+

Tapi saya tetep suka boneka. Cuma untuk meminta boneka lagi ke ortu rasanya cukup tau diri. Ekonomi kami dulu pas-pasan. Dan saya tau apa yg bikin mereka senang: saya minta dibelikan buku latihan soal. Jadi, ya sudah, minta itu saja. Pasti dibelikan.

Tapi, beneran, saya suka banget boneka. Mungkin berangkat dr kesukaan saya pada hewan. Kucing, kelinci, hamster, beruang, you name it lah.. Dan kebetulan sekali di rumah kami bisa dibilang makruh lah itu pelihara binatang. Soalnya kami slebor sih. Suka lupa kasih makan, males bersihin kandang, males mandiin. Jadi ujung-ujungnya ibu yang capek. Hehe. Nah boneka itu kan bentuk binatang cuma mereka ga perlu makan dan gak pup sehingga ga usah pake acara bersihin kandang. Jadi, menyenangkan, kan? Bisa dipeluk, dijadiin bantalan, dicurhatin, ditonjok kalo lagi sebel #eh#

Faktor lainnya adalah kebingungan kasih kado ke babies-nya teman-teman dekat dan keponakan. Pengen hadiah yang kepake dan tahan lama. Maka beberapa kali yg dijadikan hadiah adalah boneka. And the said the babies love their dolls.

Jadi saya suka boneka. Suka beli boneka. Nah, kenapa ga jualan boneka aja?

Here I am now. With the dolls offers and orders. Like happiness is arround me. Hehe

Ini baru berjalan 2 minggu sih. Baru terjual beberapa boneka. Labanya, ya kaya yang tadi saya bilang, so small. Talu buat saya yg selalu ngerasa gak bisa dagang, bisa ga defisit aja udah syukur. Hahaha

Selama2 minggu ini baru jualan via bbm sama fanpage facebook. Beberapa penjualan langsung. Jujur, yang beli baru teman-teman sendiri aja sih. Haha..

Trus ada cerita nih. Ceritanya kemarin kab bawain pesanan teman kantor: 2 buah guling hello kitty dan 2 buah boneka ukuran 25cm. Teman-teman kantor lain jd liat kan. Pegang si guling lalu berkata "eh ini halus banget ya? Pironan tho mba diyan?" Yes! Ada yang bisa diprospek. Eh tapi terus si ibu yanv beli 2 guling memberikan satu gulingnya ke ibu yg bertanya harga tadi. Haha.. Ya sudah, rezeki gak tertukar.

Ibu-ibu lain bilang: "kenapa lah kau ini jualannya boneka? Baju atau tas gitu, aku beli deh. Kalo boneka kan ga semua orang perlu."

Hehe.. Nyengir aja saya. Bukan pertama kalinya dengar gitu. Bukan terakhir kali juga, mungkin. Kan baru jalan 2 minggu. Yah begitu lah, alasan saya kaya yg saya td ceritain di atas. Cuma yaa ga bisa juga njelasi begitu ke temen-temen kantor.

Tapi bukannya saya ga mau jualan tas atau baju lho.. Mau-mau aja. Cuma pertimbangan saya begin: saya ni udh cukup sering belanja online. Tapi untuk beli baju secara online itu jaraaaaaaaaaaaaaaaaaaamg banget. Lah gimana, liat gambar doank dan ga bisa pegang bahannya, ga tau itu pas apa gak di badan saya yg bohay ini. Pernag beli daster gamis sekali, kecewa: ukurannya di atas mata kaki dan bahannya agak kasar. Pernah juga pesen rok, made by order gitu, tetep wae kekecilan, mendingan pesen di tukang jahit deket rumah kan jadinya. Trus untuk tas, pernah beli tas ransel, pas barangnya dateng ternyata duile tu tas segede gaban. Akhirnya jarang banget dipake. Oh ya, cangklongan tasnya udah putus 1 juga sih.

See? Saya sendiri aja ga puas belanja tas dan baju secara online. Jadi sayanya jg takut kostumer saya ga puas.

Tapi tetep, jikalau di kemudian hari peluang untuk kualakan tas n baju itu datang menghampiri, mungkin saya akan jualan juga.

Sejujurnya pun skrg saya lagi cari supplier tas dan pakaian (yak, siap-siap yang baca pada nawarin barang ini mah. Hehe *husnudzon*). Progresnya skrg udah liat-liat beberapa toko atau supplier di internet. Tapi begitu lihat barang mereka..... merasa modelnya norak lah, ragu bahannya beneran bagus apa gak lah, dll dst dsb. Jadi belom menjatuhkan pilihan ke mana pun. Heuh..

Kita lihat saja nanti lah yah..

Yang mau liat boneka-boneka saya search fanpage saya di Fb yah.. namanya SD Boneka. Murah-murah lho.. Kemarin aja pas jalan-jalan ke pusat perbelanjaan dan liat harga boneka kaya yg saya jual --aaaarrgghhh-- rasanya langsung mau naikin harga barang dagangan. Soalnya itu mereka aja berani jual jauh di atas harga saya. Hahaha.. Dasar gampang galau! :p

No comments:

Post a Comment

Thank you for reading! I welcome for any comment, but please be good to me: use nettiquete.