Tuesday 8 November 2016

Mengurus Surat Keterangan Sehat dan Bebas Narkoba di RS Cijantung Kesdam Jaya

Biasanya saya urus surat keterangan sehat (SKS) dan surat keterangan bebas narkoba (SKBN) di RSUD Bekasi. Gak inget sih biasanya habis dana berapa kalo di sana, tapi kali ini saya mau nyoba pengalaman baru: urus SKS dan SKBN di RS Cijantung Kodam Jaya.

RS Cijantung Kodam Jaya ini adalah milik Angkatan Darat. Lokasinya di Jl. Kesehatan Cijantung. Tadi saya masuk dari jalan yg dekat Mall cijantung, ikutin jalan lalu puterbalik kemudian belok kiri di jalan kesehatan. Kayanya sih ga ada angkot yang lewat, tapi ga tau deh ga terlalu merhatiin soalnya td naik motor.

Sampe di sana saya langsung parkir. Dapat tiket parkir yang ditulisin jam 9:45.

Lalu ke mana? Yah namanya juga baru sekali ke situ. Mari tanya bagian Informasi yang letaknya sangat strategis dan sangat terlihat dari depan RS. Di bagian infomasi ada dua orang ibu-ibu yg ramah dan sangat informatif (ya iya lah).

Oleh ibu di bagian informasi saya disuruh jalan ke arah dalam, mentok, lalu belok kiri dan jalan lg sampe ujung. Ada tulisannya MCU plus apa gitu, singkatan gitu jd saya ga inget. Hehe

Pas jalan ke sana, ngebatin juga, ini ga pake daftar dulu apa? Kao di RSUD Bekasi kan kita harus daftar dulu di pendaftaran depan. Nah di sini ternyata daftarnya langsung di tempat MCU tadi itu. Di situ sama petugasnya saya disuruh isi di 3 potong kertas. Satunya pengantar ke lab, satunya surat keterangan, satunya lagi apa ya saya lupa. Hehe maap. Yang diisi cuma data standar aja kaya nama, alamat, umur, tanggal lahir, dll. Setelah itu saya disuruh cepet-cepet ke kasir supaya bisa cepat ke laboratorium.

Lah kasirnya di mana?
Tanya lagi sama ibu di informasi. Ternyata kasirnya ada di samping IGD. Di sana tidak antre lama. Hanya menunggu beberapa menit lalu dipanggil dan disuruh bayar.

Berapa biayanya?
Untuk SKS plus SKBN bayar 200rb saja. Saya bilang "saja" karena di RS Polri 275rb, di RSKO 250rb, di RS Adhyaksa 275rb (disclaimer: info ini saya dapat dari teman-teman satu kantor, saya tdk tanya langsung ke RS tersebut)

Habis itu buru-buru ke lab.

Labnya di mana?
Kata mbaknya yg di kasir sih di dekat Poli Kebidanan. Nah poli kebidanannya di mana pun saya tak tau. Udah nyoba cari sendiri tapi pada akhirnya saya tanya lagi sama ibu di bagian informasi.

Sesampainya di lab saya diarahkan utk langsung ke loket 1. Dapat wadah utk tampung urin. Kebetulan emang lagi pengen pipis sih, makanya bs nampung satu pot urin penuh. Pot urinnya lalu diserahkan kembali ke loket 1.

Setelah menunggu beberapa saat (ga lama kok, sekitar 10-15 menit aja) nama saya dipanggil. Hasilnya udah jadi. Yang diukur ada 3 parameter: metamphetamin, THC, sama morphin. All negatives. Ya iya lah..

Terus cus langsung ke bagian MCU yang di belakang td. Surat keterangan sehatnya ternyata udah jadi. Dan itu ga pake acara kita ditensi atau hitung denyut nadi apalagi tes penglihatan dan buta warna. No. Langsung dianggap hasilnya baik semua. Bagus lah jadi cepat. Haha

Next fotokopi. Di mana letak tempat fotokopi?
Kata petugas di MCU ada di dekat optik. My God... optiknya di mane?? Katanya dekat IGD. OK lah saya jalan ke luar, arah IGD. Tak nampak ada optik apalagi tempat fotokopi. Sempat tanya sama bapak bercelana training tp dapat jawaban yg tidak cukup membantu. Akhirnyaaa kembali ke ibu di bagian informasi. Duh bu, jasamu padaku begitu besar..

Ternyata fotokopinya ada di dalam. Kalo ke MCU kita beloknya ke kiri dari arah informasi tadi, nah kalo ke tempat fotokopi jalannya ke kanan. Ga jauh dari lab sih sebenernya. Ya sudah lah pegel dikit gapapa.

Biaya fotokopinya 5rb utk 5 lbr SKS dan 5 lbr SKBN.

Habis itu balik ke MCU tadi itu utk minta legalisir. Ndilalah petugas yg berwenang utk tandatangan sedang ada tamu, jadi harus menunggu.

Saya lirik jam, 10.37. Jadi hanya sekitar setengah jam surat-suratnya jadi. Tapi nunggu agak lama nih utk dapat tandatangan legalisir.

Jam 11.15 perut saya keroncongan. Biasa lah belum sarapan. Saya lirik di dekat MCU itu ada kantin. Ya udah saya makan di situ pake nasi dan gudeg telor plus es teh. Tastenya biasa ajah. Tapi yang penting perut ayem. Saya bayar 17rb utk yang saya makan, termasuk satu kerupuk udang.

Saya ga tengok jam pas ambil legalisiran. Pokoknya pas saya kembali legalisirnya udah ada, siap dibawa pulang. Biaya legalisir 10rb.

Selesai! Hore ga pake ribet!

Langsung cus menuju parkiran. Pas di loket bayar parkir saya tengok jam saya. 11.45. Total waktu utk urus semuanya (plus sarapan atau makan siang, entah lah) adalah dua jam saja. Jauh lebih cepat dibanding di RSUD Bekasi. Tapi kalo di RSUD Bekasi memang kita beneran dicek sama dokter umum dan spesialis kejiwaan sih. Jadi agak lama.

Di parkiran saya diminta bayar 3rb.

Jadi total biaya yg keluar di RS Cijantung Kesdam Jaya (exclude makan di kantin ya) adalah
200rb utk biaya SKS dan SKBN
5rb utk fotokopi
10rb utk legalisir
3 ribu utk parkir motor
Total : 218rb

Alhamdulillah

5 comments:

Thank you for reading! I welcome for any comment, but please be good to me: use nettiquete.