Tuesday 29 November 2016

Pengalaman Buka Rekening di Bank BRI

Disclaimer: Post ini berisi keluhan dan pengalaman yang ga enak, kalau anda lagi ga pengen liat orang ngeluh, silakan tutup aja!
= = = = =
Ini karena masih emosi saya jadi bingung mau membuat pendahuluannya gimana.
Jadi, langsung aja.

Saya baru beberapa menit lalu balik dari Bank BRI KCP Ceger. Ya pokoknya di Ceger situ lah, jalurnya 02, dari cobiniki ke arah lampu merah rambo, sebelah kiri. Ga tau itu KCP atau apa lah. Embuh.

Saya ambil nomor antrian. Nomor 13. Sebelumnya ga pernah percaya kalo 13 adalah angka sial. Entah sekarang, masih gak percaya apa gak.

Antrian Teller pas saya datang adalah nomor 80. Satu orang konstumer sedang dilayani di CS. Sampai nomor antrian di Teller sudah beranjak ke 112, masih kostumer itu juga yang di CS.

Point 1:  wah, lama nih layanan CSnya

OK, sabar aja. Gapapa.

Setelah menunggu satu kostumer lainnya, nomor saya dipanggil. Saya dan teman saya pun beranjak ke meja CS. Saya datang berdua dengan teman saya itu karena butuh rekening BRI.

Sampai di meja CS, kami diminta menunjukkan KTP kami. "Sudah eKTP, Bu, KTPnya?" tanya si CS. Ya jelas lah. Ini KTP ngurus via jalur legal dari awal sampe tu kartu biru di tangan. Nanti lah kutulis juga ceritanya, yang juga menyebalkan.

Lalu KTP kami di-copy-kan sama CSnya. Selanjutnya  CS menyakan NPWP, kami gak bawa, lalu kami disodorkan sebuah form untuk ditandatangani. Form tsb isinya adalah keterangan bahwa kami gak punya NPWP dan alasan belum bikin NPWPnya. Saya bilang ke CSnya, "kami ni bukan ga punya, tapi gak bawa". CSnya bilang "iya bu bagian alasannya dikosongkan saja". OK lah.

Selanjutnya si CS entah ngapain dengan komputernya. Sempet ke dalam pula, entah untuk apa karena dia ga bilang juga. Kami duduk nunggu aja. Saya nunggu dikasih penjelasan tentang produk tabungan di Bank yang kami datangin itu. Walaupun siapa sih yang ga tau Bank BRI, tapi aku merasa punya hak untuk dapat informasi. Karena berkali-kali bikin tabungan di bank lain selalu dapat penjelasan produknya. Minimal ditanya "Sudah tau produk tabungan kami atau belum?", yang kalo saya bilang belum ya akan dijelaskan. Kalo saya bilang sudah yaa tinggal milih aja mau yang mana. Di Bank BRI barusan tidak ada. Saya yang aktif tanya. Kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis tabungn pun saya yang tanya-tanya.

Point 2: CS tidak informatif

Daaaan... setelah agak lama, CS menginfokan kami, "ibu KTPnya tidak terdaftar di Kemendagri."

What??

"Jadi gimana?"
"Ibu ke Kelurahan aja dulu, bilang aja ibu mau buka tabungan BRI tapi NIKnya belum terdaftar di Kemendagri. Nanti akan didaftarkan lalu ibu diberi print bukti sudah didaftarkan"
"Tapi rekeningnya bisa tetap dibuatkan dulu kan?"
"Tidak bisa ibu. Ibu ke kelurahan dulu aja"

WHAT??

Point 3: Kaya ke Kelurahan tu ga makan waktu aja
Point 4: Bukan gue yang salah kenapa harus gue yang rempong?!

Dan akhirnya kami pulang dengan tangan hampa dan hati dongkol. Yang tadi niatnya mau beli gorengan buat yang minjemin helm sampe udah ga keingetan lagi (maaf ya mba titin).

Barusan saya sempet cerita ke teman yang kerja di bank lain. Begini pendapatnya:
1. itu CS emang ga sesuai SOP servis
2. di Bank tempat dia kerja ga ada acara harus sudah terdaftar di Kemendagri

Teman saya itu sempet nawarin ngecekin NIK lewat aplikasi cek NIK di HPnya. Di saat yang bersamaan saya juga googling dan dapat lah link ke web http://dukcapil.kemendagri.go.id/ceknik. Hasil dari kedua metode tersebut sama: ga bisa cek NIK karena webnya error.

So, bisa jadi tadi pun bukannya NIK saya ga terdaftar di kemendagri, tapi karena webnya error.

Point 5: Web Kemendagri error

Intinya sama. Rempong. Gak beres. Nyebelin.

Kalo ga terpaksa mah ogah jadi nasabah di sono.

===

UPDATE!

Pada tgl 13 Desember 2016, akhirnyaa saya berhasil punya rekening BRI...

Begini ceritanya

Pagi hari saya ke kelurahan Jatiwaringin utk meminta supaya KTP saya didaftarkan di Kemendagri, sesuai dgn info dr CS di bank BRI yg saya datangi sebelumnya. Tetapi oh tetapi.. petugas di loket kelurahan malah memasang tampang bingung dan hanya bertanya "ibu sudah punya e-KTP kan?" Aduh lelah deh. 

Oleh petugas di loket itu kemudian saya disuruh bertemu dgn seorang ibu di ruangan tempat dulu saya upreg (gatau ini tulisannya bener apa gak) data waktu saya mengurus KK baru. Petugasnya pun ibu yang sama dgn yg dulu itu. Lantas di sana saya diberi penjelasan bahwa kalau di kelurahan sistemnya offline, shg tdk bisa konek ke kemendagri, saya harus ke kantor kecamatan. Wah, pantas.. waktu urus KK dan selesai upreg itu saya sudah memastikan tdk ada data yg salah, tapi saat ambil KK di kecamatan ternyata masih ada yg salah input. Hiduplah Indonesia Raya...

Saya pun segera cuss ke kantor kecamatan yg untungnya kalo di sini nih posisinya hanya bersebrangan, yah serong dikit lah..

Sesampainya di kantor kecamatan, saya bingung. Di sana ada loket, tp tdk ada petugasnya. Jadi saya harus tanya ke siapa?? Saat itu lah saya lihat ada petugas yg sedang ngobrol dgn (mungkin) tamu. Saya permisi bertanya perihal hajat saya datang ke sana, kemudian beliau mengarahkan saya ke ruangan tempat orang mengantri utk rekam data e-KTP. 

Di ruangan rekam data e-KTP itu semua petugas terlihat sibuk. Saya agak sungkan utk sekedar mengganggu sebentar. Tapi akhirnya tetap harus saya ganggu kalo gak sia-sia lah saya datang ke sana..

Oleh bapak petugas yg saya ganggu itu saya diarahkan utk ke ruangan sebelah dalam bertemu, kalo gak salah, namanya Pak Bambang. 

Saya: permisi pak saya mau buka rekening BRI tapi kata CSnya KTP saya belum terdaftar di kemendagri
Pak Bambang: boleh saya lihat KTPnya bu?
S: *menyerahkan eKTP saya*
PB: hm.. padahal sudah eKTP ya.. dulu buatnya di disdukcapil gak?
S: iya pak saya ke disdukcapil
PB: hm.. kok bisa belum terdaftar ya?
S: mana saya tau pak

Beliau kemudian bekerja dgn konputernya. Sesaat setelah itu beliau mengembalikan KTP saya sembari berkata "ini sudah diaktivasi KTPnya mba". Saat saya tanya apakah saya bisa mendapatkan surat keterangan bahwa KTP sy sudah diaktivasi, beliau bilang "gak usah. Langsung aja. Udah aktif kok"

Saya pun mengucapkan terimakasih dan segera pamit. Tujuan saya adalah ke bank DKI yg di deretan Dunkin Donuts, sebrang komplek pertokoan Pondok Gede Plaza. Kenapa di situ? Ya karena saya taunya di situ. Itu jalur saya brgkt ke kantor soalnya.

Sampai di sana saya dapat nomor antrian 08. Wah nomor kecil, kata saya dalam hati sembari bersyukur. Saya lihat di CS (yang hanya ada satu orang saja) sudah nomor antrian 05. Harapan saya sebentar lagi saya dipanggil.

Nyatanya setelah nomor 05 selesai urusannya, bukan nomor 06 yang dipanggil. Melainkan nama-nama dari tumpukan berkas di meja CS. Saya bilang nama-nama karena tidak hanya satu nama.

Seorang costumer mendekati saya serata mengeluh "saya dari pagi nih mba.. keselak yang ngurusin BSM terus!"

Wah.. alamat pupus harapan saya ini.. Posisi saya duduk tepat di sebrang meja CS. Saya lihat tumpukan berkas BSM itu tdk sedikit. Duh..

Si ibu costumer yg sempat mengeluh itu mendatangi CSnya. Gak sabar beliau ini karena diselak terus. Padahal tujuannya hanya uk membuka blokir kartu ATM. CS pun mempersilakan ibu itu duduk dan mengurusi beliau. Sebentar selesai. Ya itu dia, antre-nya aja yg lama..

Dgn selesainya si ibu costumer nomor 06 td itu maka saya tinggal menunggu dua orang lagi donk harusnya? 08 - 06 = 02 kan? Matematika di belahan dunia mana pun akan begitu. Tapi tidak di BRI sini. Saya harus bersabar menunggu tumpukan berkas BSM itu selesai. Rasanya? Keki. Kenapa yg mengurus BSM tdk pakai nomor antrian juga? Jadi kan saya ga merasa bego matematika!

Sekitar satu jam kemudian nomor saya dipanggil. Saya pun bergerak ke CS. Duduk manis lalu menjelaskan tujuan saya. Seperti sebelumnya, CS meminta KTP saya utk dicopy. Terlihat tidak ada masalah sampai di sini. Rekening saya bisa dibuat. Walaupun, sepertu sebelumnya pula, tdk ada penjelasan menenai produk bank tsb. Saya yg bilang langsung "saya mau buka simpedes aja".

Dan saat saya bilang "saya ga may ATM instan mba. Saya mau yg ada namanya. Menunggu beberapa hari gak apa-apa". Ini memang prinsip saya; ga mau ATM yg gak bernama. Biasanya di bank lain saya akan menerima jawaban "menunggu satu minggu ya bu" dan saya tdk keberatan menunggu satu minggu. Tapi apa jawaban si mba CS tsb? Ini dia... "kita lagi gak bisa bu. Ibu coba di kantor cabang lainnya saja ya". Well, this is new for me. Hadeuh..

Ya sudah akhirnya saya pulang dgn membawa buku tabungan simpedes dan kartu ATM instan.

Akhirnya saya punya rekening BRI!

Beberapa hari setelah itu, saya mengantar mama mertua ke bank BRI di dekat SDN Jatiwaringin 01. Di sana saya sempat tanyakan mengenai pembuatan ATM bernama. Jawaban yg saya peroleh : kami tidak bisa bu. Coba ibu ke kantor cabang di dalam Pondok Gede Plaza.

Lelah hayati baaaaaaaaangggg...

4 comments:

  1. Nih kejadian sama kaya saya tadi mau bikin tabungan bri katanya nik ny belum terdaftar di kemendagri, tapi pas nelpon call center kemendagri nik udh aktif .. hadew ternyata bkn saya aja yah yg punya pengalaman kaya gini

    ReplyDelete
  2. Saya juga kemarin mau buka rekening di bank BRI dan ternyata nik ktp saya tidak ditemukan

    ReplyDelete
  3. Istri saya waktu mau buka nik e-ktp terdaftar tapi namanya Ria bukan nama istri 😓 semacam salah input. Pupuslah dia dan akhirnya buka rekening lain malah disetujui dan akhirnya tidak jadi buka BRI

    ReplyDelete
  4. Ini persis banget sama yang gue alami, gue mau buka tabungan di BRI, pas di cek katanya NIK nya ga ke daftar, gue di suruh ke dukcapil, pas gue ke dukcapil kata orang dukcapil Kok w ga ada masalah, terus w di kasih surat ket sama dukcapil kasih ke pihak bank BRI kalau NiKnya ga ada masalah

    ReplyDelete

Thank you for reading! I welcome for any comment, but please be good to me: use nettiquete.